Senin, 01 Desember 2008

Bermain dengan Angka, Abra-kada-bra...!

Judul : Bermain Sulap dengan Matematika
Penulis : HJ Sriyanto
Penerbit : Indonesia Cerdas, Yogyakarta
Cetakan : 1, 2007
Tebal : 121 halaman

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata “bermain” dan “matematika”? Pastinya, Anda akan berpikir bahwa kedua kata itu adalah dua hal yang sangat berbeda dan bertolak belakang. Kata bermain biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang santai dan rileks, sedangkan matematika lebih dihubungkan dengan sesuatu yang sangat serius dan butuh kerja keras. Benarkah demikian?
Lalu bagaimana kalau kedua hal tadi digabungkan? Mungkin orang lain akan berkata “gak mungkin!”, tapi di tangan Sriyanto – pengarang buku ini, matematika menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tidak percaya? Ambillah contoh permainan menebak pikiran. Permainan ini hanya membutuhkan kemampuan kita dalam operasi hitung dasar, seperti menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk membuktikannya.
Anda boleh pilih bilangan berapa pun atau yang manapun, bebas. Kalikan bilangan tersebut dengan dua. Hasilnya tambah dengan tiga belas. Kemudian kurangi dengan tiga. Lalu bagi dengan dua. Kurangi dengan bilangan yang Anda pikirkan tadi. Kalau hitungan anda benar, hasil akhirnya pastilah lima. Benar bukan?!
Permainan Sriyanto dengan matematika ini bisa membuat kita penasaran dan akhirnya tertarik untuk mengenal dan mempelajari matematika lebih jauh. Tentunya matematika yang sederhana dan mudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Siapa saja bisa melakukannya. Termasuk anak-anak. Permainan angka-angka ini bisa menjadi iniasi awal bagi anak-anak untuk membangun rasa suka pada matematika.
Sadar atau tidak, selama ini kita selalu dibayang-bayangi bahwa matematika itu sulit dan menjemukan. Matematika adalah menghafal rumus, soal dan teori. Tapi, kini tidak lagi. Lewat buku ini, matematika bisa berubah menjadi sesuatu yang fun dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Otak pun mendapat latihan yang seimbang. Sambil mengembangkan otak kanan, kita juga bisa melatih kiri. Laksana sulap, angka-angka yang rumit bisa kita bim-sala-bim menjadi mudah! Abra-kada-bra, wow, asyik…! Matematika sulit? No way! (Ike/Litbang Joglosemar)

0 Comments:

blogger templates 3 columns | Make Money Online